Berbagai Macam Tipe Evaporator

Juni 5, 2016 alwan No comments exist

Berbagai Macam Tipe Evaporator

Berbagai Macam Tipe Evaporator, evaporator yang digunakan dalam berbagai jenis aplikasi pendinginan mempunyai desain yang berbeda pula. Evaporator dapat diklasifikasikan dalam berbagai cara tergantung pada kontruksi evaporator ,cara mendingin, arah sirkulasi udara di sekitar evaporator , dll.

Klasifikasi Berbagai Macam Tipe Evaporator berdasarkan kontruksi evaporator

Evaporator digunakan untuk pendinginan dan aplikasi AC memiliki berbagai jenis konstruksi tergantung pada aplikasi. Berdasarkan konstruksi evaporator dibagi menjadi beberapa jenis yaitu :

  • Baretube Evaporator
    Evaporator tabung kosong terbuat dari pipa tembaga atau baja pipa. Pipa tembaga digunakan untuk evaporator kecil di mana refrigeran selain amonia digunakan, sedangkan pipa baja yang digunakan dengan evaporator besar di mana amonia digunakan sebagai pendingin. Tabung evaporator telanjang terdiri dari beberapa putaran tabung, meskipun zigzag paling sering datar dan trombone oval adalah bentuk paling umum. Evaporator tabung kosong biasanya digunakan untuk cairan dingin. Dalam ledakan itu pendinginan dan operasi pembekuan udara atmosfer mengalir di atas tabung evaporator telanjang dan udara dingin meninggalkannya digunakan untuk tujuan pendinginan. Evaporator tabung kosong yang digunakan sangat sedikit aplikasi, namun evaporator tabung kosong dilengkapi dengan sirip, disebut sebagai evaporator bersirip yang digunakan sangat umum.Berbagai Macam Tipe Evaporator 0
  • Plate tipe Evaporators
    Dalam jenis plate tipe evaporator coil biasanya terdiri dari tembaga atau aluminium yang tertanam di lempengan datar sehingga  membentuk permukaan datar. Penampakan  jenis plate tipe evaporator tampak seperti lempeng tunggal , tetapi di dalamnya ada beberapa lilitan dari tabung logam yang dilalui media pendingin. Keuntungan dari jenis plate tipe evaporator adalah mempunyai bentuk padat lilitan tabung terlindungi menjadi satu kesatuan.Lempengan eksternal juga membantu meningkatkan perpindahan panas dari pipa logam untuk bahan bersifat dingin . Selanjutnya , jenis piring evaporator yang mudah dibersihkan dan dapat diproduksi dengan harga murah.Jenis pelat penukar panas dapat dengan mudah dibentuk menjadi berbagai bentuk sesuai kebutuhan . Sehingga dalam kulkas rumah tangga dan freezer , jenis ini paling sering digunakan , dapat dikonversi ke dalam bentuk kotak untuk membentuk kandang tertutup , di mana berbagai makanan dapat disimpan dalam keadaan beku . Piring juga dapat dilas bersama-sama membentuk bank pelat dari evaporator yang dapat digunakan dalam evaporator lebih besar dari kapasitas yang lebih tinggi .

    Jenis Plate tipe Evaporators menyediakan rak yang sangat baik dalam freezer dan aplikasi yang serupa . Mereka dapat digunakan sebagai sebagai partisi di dalam freezer , bagian pembeku makanan , lemari es krim, soda air mancur dan lain-lain . Karena berbagai kelebihan dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh jenis Plate tipe Evaporators digunakan secara luas .Shell dan tube jenis evaporator digunakan dalam sebagian besar pendingin dan sistem AC sentral Evaporator dalam sistem ini umumnya dikenal sebagai chiller.Tergantung pada arah aliran media pendingin  dalam jenis shell dan tabung pendingin , mereka diklasifikasikan menjadi dua jenis : Jenis ekspansi kering,jenis pendingin banjir/basah .
Berbagai Macam Tipe Evaporator 1a
Berbagai Macam Tipe Evaporator 1a

Berbagai Macam Tipe Evaporator 1b

  • Finned EvaporatorsThe finned evaporators adalah tipe bare tube yang ditambah dengan sirip. Ketika aliran fluida (udara atau air ) yang akan didinginkan melewati baru tube evaporator menjadi tidak efektif sebagian besar terbuang dikarenakan terlalu sedikitnya persinggungan antara fluida dan media pendingin.dengan adanya sirip maka fluida akan bertambah bersinggungan dengan media pendingin di karenakan adanya pertambahan lebar permukaan dari sirip. Sehingga finned evaporators jauh lebih efefktif disbanding bare tube evaporators

 

  • Shell and Tube types of EvaporatorsShell dan tube jenis evaporator digunakan dalam pendingin besar dan sistem AC sentral. Evaporator dalam sistem ini umumnya dikenal sebagai pendingin. The pendingin terdiri dari sejumlah besar tabung yang dimasukkan dalam drum atau shell. Tergantung pada arah aliran refrigeran dalam jenis shell dan tabung pendingin, mereka diklasifikasikan menjadi dua jenis: Jenis ekspansi kering dan jenis pendingin banjir. Dalam pendingin ekspansi kering arus refrigeran sepanjang sisi tabung dan cairan yang akan dingin mengalir di sepanjang sisi shell. Aliran pendingin untuk pendingin ini dikendalikan oleh katup ekspansi. Dalam kasus jenis banjir evaporator arus refrigeran sepanjang sisi shell dan cairan menjadi arus dingin sepanjang tabung. Dalam pendingin ini tingkat refrigeran dipertahankan konstan oleh katup pelampung yang bertindak sebagai katup ekspansi juga.
    Untuk membersihkan evaporator gunakan formak air conditioner coil cleaner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *